lanjutkan ke konten
Menyambut New Normal, Diskon 10% untuk pembelian 2 atau lebih 📦
Menyambut New Normal, Diskon 10% untuk pembelian 2 atau lebih 📦
10 Tips dan Cara Memilih Smartwatch Berkualitas Sesuai Kebutuhan

10 Tips dan Cara Memilih Smartwatch Berkualitas Sesuai Kebutuhan

1. Interface

tips memilih smartwatch, cara memilih smartwatch
Sumber Gambar: Pixabay

Kamu dapat memilih interface tombol atau touchscreen. Tapi nampaknya jam pintar berlayar sentuh telah menjadi pilihan banyak orang, kecuali bagi mereka yang memang suka dengan fitur klasik.

Interface gabungan dari tombol dan touchscreen pun saat ini sudah ada, dan bisa menjadi pilihan prioritas. Karena smartwatch dengan tampilan gabungan ini akan lebih menguntungkan daripada hanya mengandalkan sentuhan.

2. Desain Smartwatch

tips memilih smartwatch, cara memilih smartwatch
Sumber Gambar: Engadget

Selain fitur, desain dari smartwatch pun nampaknya perlu kamu pertimbangkan demi menunjang gayamu sehari-hari. Untuk kamu yang senang dengan jam yang berbandul kecil, kamu bisa pilih IO Fifth Smart Watch.

Bagi kamu yang suka dengan jam berbandul besar dan tampilan yang lebih sporty, Nature G2 bisa jadi pilihan tepat. Ada pun Legacy 001 bisa jadi alternatif terbaik jika ingin jam pintar dengan desain kekinian yang lebih terjangkau.

Selain itu, tali smartwatch juga bisa kamu jadikan pertimbangan. Kamu bisa mengganti-ganti strap berbahan stainless steelrubber, atau kulit.

3. Display

tips memilih smartwatch, cara memilih smartwatch
Sumber Gambar: Pixabay

Display yang bagus akan memengaruhi pilihanmu dalam memlilih jam cerdas. Kamu perlu memertimbangkan hal ini agar saat menggunakannya di bawah sinar Matahari, layar tetap terang.

Display yang bagus pun memengaruhi tampak dari smartwatch, premium atau standar. Namun, kamu perlu mencatat bahwa semakin bagus display dari semua smartwatch, maka daya yang dikeluarkan akan semakin besar.

4. Dukungan Notifikasi

tips memilih smartwatch, cara memilih smartwatch
Sumber Gambar: Android Central

Smartwatch dengan notif email, panggilan telepon hingga pesan teks adalah smartwatch yang sebaiknya kamu pilih. Fitur-fitur ini tentu akan sangat membantu kamu sehari-hari.

Apa lagi jika kamu adalah pekerja kantoran, fitur tersebut penting untuk ada di smartwatch-mu agar penggunaan yang lebih efisien.

5. Sistem Operasi dan Kompabilitas

tips memilih smartwatch, cara memilih smartwatch
Sumber Gambar: DOA Blood Bath

Berikutnya, kamu perlu menyesuaikan sistem operasi (OS) yang berjalan pada jam dengan smartphone yang saat ini kamu gunakan, sehingga keduanya dapat terkoneksi secara baik.

Sebisa mungkin, pilih jam pintar yang mendukung semua sistem operasi terpopuler saat ini, yakni Android dan iOS. Sehingga jika kamu berganti ponsel, kamu tak perlu berganti jam.


6. Daya Baterai

Daya baterai menjadi salah satu faktor penting dalam penggunaan smartwatch. Semakin lama penggunaan dan kegiataan sehari-harimu maka kamu memerlukan daya baterai yang besar, sehingga smartwatch tidak cepat mati.

Semakin canggih perangkat, maka semakin besar pula daya baterai yang terkuras. Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan faktor satu ini dengan baik, sehingga tidak salah pilih smartwatch.

7. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli smartwatch, sangat disarankan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Apa kamu menggunakan smartwatch hanya sekadar untuk fashion, atau kegiatan outdoor dan olahraga.

Jika kamu menggunakannya untuk menunjang kegiatan olahraga, kamu bisa memilih smartwatch dengan fitur sensor detak jantung, waterproof, atau fitness tracking.

Untuk menunjang kegiatan pekerjaanmu, kamu bisa memilih smartwatch dengan fitur seperti dapat menerima panggilan telepon, email, voice recognition dan lain-lain.

8. Ketahui Spesifikasinya

Ketahui juga spesifikasi dari smartwatch pilihanmu, Toppers. Sebelum membeli sebaiknya kamu melakukan riset kecil untuk mencari tahu spesifikasi dari smartwatch yang menjadi pilihanmu secara lengkap.

Pelajari pula fungsi fitur seperti GPS, NFC, heart rate monitor, pedometer, fitness tracker, quantitied self, dan lainnya.

9. Pilih Seri Terbaru

Jam tangan pintar seri terbaru tentunya akan membarikan lebih banyak keunggulan dari smartwatch yang sudah dirilis lama. Selain performanya yang meningkat, desain dan modelnya pun pasti akan ada peningkatan.

Setidaknya pilihlah smartwatch yang keluar pada tahun pembelianmu, atau selambat-lambatnya setahun ke belakang.

10. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, dan paling krusial. Sesuaikan dengan budget yang saat ini kamu miliki. Saat ini smartwatch sudah memiliki banyak ragam, mulai dari standar hingga yang super canggih. Semakin canggih smartwatch pasti semakin mahal biaya yang kamu perlukan.

Jika kamu memang menginginkan smartwatch dengan banyak fitur dan sesuai dengan kebutuhanmu, namun budget yang kamu miliki belum cukup, sebaiknya kamu bersabar.

Kumpulkan lagi budget-mu dari pada menyesal karena membeli smartwatch yang tidak sesuai dengan dirimu.

artikel sebelumnya Mengapa smartwatch untuk remaja?
artikel selanjutnya 10 Fungsi dan Manfaat Smartwatch, Dukung Kesehatan hingga Hiburan